Kuliah Umum dengan tema Designing and Managing Services dan PENANDATANGAN MoA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area dengan Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) Medan pada hari rabu, 27 Oktober 2022. pada kesempatan ini, kuliah umum yang mengangkat ilmu disiplin khusus matakuliah Manajemen Pemasaran II Perusahaan yang menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan.Selain itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan atas produk yang dihasilkannya,karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari keberhasilan perusahaan dalammenghasilkan produk yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen. Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yangdapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan tersebut mampumemasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan. dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area, Ahmad Rafiki, BBA (Hons), MMgt, Ph.D, CIMA membuka acara dengan menyampaikan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang bermanfaat serta ini di peruntunkan untuk mahasiswa khususnya fakultas ekonomi dan bisnis harus bisa memanajemen bangsa pasar bagaimana pemasaran yang handal di era sekarang ini.
LEO WIJAYA sebagai pembicara yang menduduki jabatan Vice Presdir PT. Indako Trading Coy / Ketua AMA Medan menyampaikan, Segmentasi pasaradalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan)untuk pemasaran suatu produk. Berdasarkan pengertian diatasdapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan.Salah satu hal yang diperlukan suatu perusahaan atau forum buat mempertahankan suatu produk atau jasa yang didapatkan nya merupakan menggunakan adanya segmentasi pasarsupaya lebih seksama & juga terjaga kualitasnya.Pelaksanaan segmentasi pasarmembutuhkan beberapa proses & tahapan yang turut serta wajib dilakukan menggunakanaporisma supaya mencapai sasaran yang diinginkan. Segmentasi tersebut memiliki peran penting karena beberapa alasan; pertama, segmentasi memungkinkan perusahaan untuk lebihfokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen-segmenakan memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akandilayani. Selain itu segmentasi memungkinkan perusahaan mendapatkan gambaran yanglebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar perusahaan.
serta pembicara dari AWI COFFE medan ialah AWI juga menyampaikan, Untuk mengidentifikasai preferensi segmen, ada tiga pola segmentasi pasar yang dapatdigunakan. Pola tersebut adalah:
1.Homogeneus preference (preferensi homogeny) merupakan pola yang menunjukkan bahwakonsumen memiliki preferensi yang sama terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
2.Diffused preference (preferensi yang menyebar) merupakan pola yang menunjukkan bahwakonsumen memiliki preferensi yang beragam terhadap suatu produk atau jasa yangditawarkan.
3.Clustered preference (Preferensi yang mengelompok) merupakan pola yang menunjukkan bahwa konsumen memiliki preferensi yang berkelompok-kelompok. Dimana konsumen yang.
Penentuan strategi pemasaran merupakan cara yang harus kita perhatikan dalammelakukan kegiatan pemasaran. Langkah-langkah yang telah di bahas sebelumnya harus kita perhatikan dan dijadikan pedoman kita untuk masuk dalam dunia usaha. Ciptakanlah peluang-peluang usaha dan lakukanlah strategi jitu untuk meraih usaha yang baik dan maju.
lihat juga : International Webinar Visiting Professor Program Human Resource Strategies in Developing Small Businesses
LOLOS PROGRAM MAHASISWA PENGGERAK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA 2022 – 2023